Saturday 8 October 2016

SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

A. Sistem Informasi
   
    Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

      Contoh dari Sistem Informasi adalah :
  1. Sistem reservasi pesawat terbang
  2. Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor
  3. Sistem biometric
  4. Sistem POS (point-of-sale)
  5. Sistem telemetri
  6. Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card)
  7. Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan, dan lain-lain
  8. Sistem layanan akademis berbasis web
  9. Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange atau EDI)
  10. E-government atau sistem informasi layanan pemerintahan yang berbasis internet.
B. Teknologi Informasi
   
     Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

     Contoh dari Teknologi Informasi adalah :
  1. Mikro komputer dan notebook
  2. Mainframe
  3. Barcode scanner
  4. Software pengolah transaksi
  5. Software spreadsheet
  6. Telepon rumah
  7.  Handphone
  8. TV
  9. VSAT
  10. Compact Disk.

C. Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

        Dari penjelasan terkait Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diatas, penulis menyimpulkan Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan oleh manusia. Sedangkan Teknologi Informasi merupakan alat atau teknologi yang digunakan untuk mendapatkan informasi.

D. Sejarah dan Perkembangan SI dan TI

      Teknologi informasi dan komunikasi di masa lampau difungsikan sebagai suatu metode untuk melakukan pengenalan terhadap bentuk-bentuk yang terlihat. Hal itu terbukti dengan adanya lukisan-lukisan yang kita temukan pada dinding-dinding gua yang berkaitan dengan kehidupan mereka, dari mulai berburu, menentukan suatu tempat untuk tinggal dan sebaginya. Pada masa itu, bentuk komukasi masyarakan hanya terbatas pada bentuk suara, dengusan dan isyarat anggota badan. Namun sesuai dengan perkembangannya, mulai diciptakan dan dikreasikan alat-alat yang dapar menimbulkan suara serta bunyi-bunyian, seperti halnya isyarat gendang, terompet, asap dan lainnya.
  1. Tahun 3000 SM bangsa Sumeria telah menemukan serta menggunakan tulisan dan simbol-simbol yang dibentuk sedemikian rupa dari pictograf sebagai huruf (masing-masing huruf dan simbol memiliki lafal dan pengucapan yang berbeda-beda, sehingga mampu membentuk suatu kata, kalimat dan bahasa).
  2. Tahun 105 M, bangsa Cina telah menemukan kertas, kertas pertama yang dibuat itu terbuat dari serat bambu.
  3. Tahun 1344 M, Johan Gunteberg menciptakan mesin pencetak kertas yang memanfaatkan plat huruf dari besi.
  4. Tahun 1830 M, Augusta Lady Byron dan Charles Babbege menulis program komputer untuk pertama kalinya di dunia, keduanya memanfaatkan mesin Analytical. Alat tersebut dirancang sedemikian rupa agar dapat memasukkan dan mengelola data serta mampu menciptakan data keluar dalam bentuk sebuah kartu. Mesin ini lebih dikenal sebagai komputer digital pertama meskipun cara kerjanya masih bersifat mekanis.
  5. Tahun 1946, ENIAC I (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang merupakan teknologi infomasi digital pertama di dunia telah dilahirkan dan selalu melalui serangkaian proses menuju kesempurnaan.
  6. Tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menciptakan suatu program E-mail (surat elektronik) pertama yang memungkinkan kita dapat bertukar data dan informasi dengan jarak yang jauh dalam bentuk teks.
  7. Pada jangka waktu tahun 1973-1990, istilah internet mulai diperkenalkan dengan protocol standarnya yaitu TCP/IP. 
  8. Tahun 1981, National Science Foundation memperkenalkan Backbone/ CSNET yang memiliki kapasitas sekitar 56 kbps untuk tiap-tiap lembaga pemerintahan.
  9. Pada 1 Januari 1983, ARPANET mengganti protocol NCP-nya ke TCP/IP. 
  10. Tahun 1986, IETF menciptakan sebuah server yang difungsikan sebagai alat pengatur.
  11. Tahun 1992, untuk pertama kalinya komunitas internet dibentuk, tidak lama setelah itu kemudian CERN memperkenalkan suatu istilah fasitilas internet yang disebut dengan World Wide Web (WWW).
  12. Tahun 1993, NSF mendirikan interNIC dengan tujuan untuk menyediakan layanan jasa internet yang berkaitan dengan masalah direktori dan memori serta database, ditahun-tahun berikutnya perkembangan internet semakin bagus dan berperan penting dalam kehidupan hingga saat ini. 



Sumber :

20 comments:

  1. nice info, thank you~ keep writing yaa!

    ReplyDelete
  2. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    ReplyDelete
  4. KEREN BANGET ASRTIKELNYAAA, SANGAT MEMBANTU TUGAS SAYA

    ReplyDelete
  5. makasih infonyaaa :)_))

    ReplyDelete
  6. Keren gan infonya, ggwwp nice

    ReplyDelete
  7. thanks articlenya ringkas & padat mba!

    ReplyDelete
  8. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete